Filosofi Uang yang Berbicara

Creator Of Prisma
  Uang adalah alat tukar atau standart pengukur nilai yang sah, uang di keluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang di centak dengan bentuk tertentu. Siapa yang tidak ingin kaya ?dengan uang banyak hal yang dapat kita dapatkan. Mulai dari rumah, perhiaasan hingga harga diri orang lainpun juga bisa engkau beli. Tapi kita tahu semua kalau ada hal yang tidak bisa kita beli dengan uang.











Uang Kertas

 Apa yang istimewa dari kertas ini ? sederhana yaitu nominal & TTD peresmian, itu adalah dua hal yang membuat uang ini berarti di mata orang-orang. Semakin besar selisih dari nominal tertkecil kertas yang berlaku, maka semakin berharga nilau uang ini di mata orang-orang. Tapi, pernakah anda melihat gambar yang tercantum pada kertas ini ? Salah satu gambar dari uang kertas, akan terpapar sebuah gambar seorang pahlawan yang berjasa. Pernakah engkau berpikir apa yang di pikirkan para pahlawan itu ? mereka bertanya padamu !

“ Engkau gunakan untuk apa, kemerdekaan ini wahai anak muda ?”

“ Engkau gunakan untuk apa, jerih payah kami wahai anak muda ?”

“ Engkau gunakan untuk apa, harta & tahta yang engkau miliki anak muda ?”

 Sebenarnya gambar yang tercantum di uang kertas mengingatkanmu, kalau perjuangan para pahlawan di masa lalu sama sekali tidak berarti dengan kertas bernominal ini.


Uang Logam

  Dalam perdagangan international emas batang menjadi salah satu alat pertukaran yang sah, Apa yang akan kalian lakukan jika memiliki satu gudang penuh dengan emas murni ? Apa yang terjadi jika setiap orang memiliki emas sebanyak satu kapal persiar ? apakah keadilan terjadi ? Maka emas itu menjadi sesuatu yang tak berharga jika semua orang memiliki emas dengan jumlah sekala besar. Faktanya manusia lebih menyukai sesuatu yang jarang. Apabila air lebih sedikit dari emas maka manusia lebih memilih air dari pada emas. hidup ini sangat rumit, ekonomi merupakan salah satu hal yang sangat sulit di jelaskan karena itulah memberantas kemiskinan tidaklah mudah. Pernahkan anda berpikir apa definisi dari adil ?

 Dari dua filosofi ini, apakah kalian punya filosofi lain tentang uang ? Silahkan bagikan di kolom komentar


Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi Kacamata Bijaksana

Filosofi kertas Kehidupan