Filosofi Air ibarat Ilmu Alam Semesta

Pernahkah anda mengenal dengan sebuah pepatah ? kalau ilmu tuhan di dunia ini ibarat sestetes air di antara luasnya samudra. Mungkin mengusai satu tetes air saja itu merupakan hal sangat sulit karena pada hari ini banyak sekali cabang - cabang ilmu pengetahuan yang terus berkembang setiap waktunya. Tahukah anda kalau ibarat ilmu seperti air ini juga memiliki makna lain yang mungkin belum anda ketahui.

  • Ilmu tidak datang pada orang yang sombong
Nama lain dari sombong adalah tinggi hati, anda tahu kalau air akan mengalir ke daerah yang lebih rendah. Saat orang sombong mereka akan merasakan kalau kedudukan mereka lebih tinggi dari orang lain, karena itulah orang sombong sangat sulit untuk dinasehati. Padahal nasehat merupakan ilmu yang mahal karena ilmu ini bertepatan pada kelamahan pribadi. Sedikit sekali orang-orang yang mau menasehati, kebanyakan orang-orang mengkritik diri anda sehingga dapat memancing diri anda untuk marah. Jadi anda harus rendah hati agar ilmu mudah masuk pada diri anda
  • Ilmu dan Air adalah sumber kehidupan
Anda pasti tahu kalau air adalah seumber kehidupan, dan ilmupunjuga demikian. Untuk mengerti bagaimana tuhan mengatur dunia ini anda harus tahu ilmunya, jika anda lihat bagaimana objek alam semesta yang megah ini memiliki dasar yang sangat kecil yaitu atom tapi hal yang unik iyalah untuk membahas sebuah atom saja tidak cukup satu buku 1000 halaman karena atom ini memiliki rangkaian rumit walaupun terlihat sederhana mungkin ilmu yang manusia yang dimikili tidak akan cukup untuk memahami benda kecil ini. Demikian pula tentang hidup, untuk menciptakan sebuah kehidupan butuh banyak ilmu yang harus dipakai, mulai dari ilmu biologi, fisika, kimia dan banyak lainnya.

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi Kacamata Bijaksana

Filosofi kertas Kehidupan