Filosofi Merdeka

  Proklamasi kemerdekaan menjadi hal yang sangat bersejarah bagi suatu negara karena hari bersejarah itu menjadi langkah awal untuk menuju kebebasan menentukan jalan yang dipilih. Kebebasan sudah menjadi anugerah tuhan yang maha esa, kebebasan pertama kali diberikan saat anda keluar dari rahim ibu anda, Tapi saat anda baru lahir, anda sama sekali tidak bisa melakukan apapun.





 Untuk mendapatkan kemerdekaan perlu banyak sekali pengorbanan, banyak sekali para pahlawan yang gugur saat pertempuran berlangsung. Sudah berapa banyak tangis yang terkuras untuk mengenang mereka semua. Banyak dari generasi penerus yang tidak akan mengerti apa yang telah generasi lalu rasakan, penderitaan yang mereka alami tidak akan dipahami oleh generasi sekarang. Walaupun anda mencoba untuk memahami penderitaan mereka, anda tidak akan benar benar paham jika anda tak pernah merasakaanya.

 Bagaimana cara memahami mereka ? itu hal yang tidak mudah, karena masa mereka dan masa kita sangat berbeda jauh. Anda tidak harus paham benar perasaan mereka sebab masalah anda sekarang berbeda dengan masa mereka. Dahulu mereka menghadapi tentara yang bersenjata laras panjang, lalu sekarang anda harus menghadapi sesuatu yang harus anda sadari. itu sangat dekat dengan anda, dan setiap hari sesuatu yang harus anda hadapi terus menunjukan jati dirinya. sesuatu itu menghancurkan dengan perlahan-lahan seperti sebuah parasit yang mengregoti inangnya secara perlahan-lahan. Kami tidak akan memberi tahu anda, anda yang harus mencaritahu sendiri.

"Jika kita mengangkat senjata untuk merdeka, maka kita harus mengangkat kesadaran untuk sejahtera."

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi Kacamata Bijaksana

Filosofi kertas Kehidupan