Puisi Jangan Berkata

Jangan pernah berbicara Jika tak mampu merangkai kata Jangan pernah berjanji Jika tak mampu menepati Jangan suka bermesra Jika tak mampu menjaga rasa Jangan bicara banyak gaya Kalau diri ini tak berdaya Jangan katakan cinta Kepada seorang buaya Jangan pernah berpendapat Ketika lidah suka bersilat Jangan bersorak "di rumah saja" Pada Perut yang tidak bersahaja Jangan berteriak "Hak asasi manusia" Pada yang hidup di medan penuh darah Jangan memohon "Tolong saya" Pada orang-orang yang menganinaya Dan jangan berteriak keadilan Jika tak mengerti apa itu adil

Filosofi Guru Pahlawan tanpa Tanda Jasa

Hasil gambar untuk teacher
Source : https://ichef.bbci.co.uk/news/660/cpsprodpb/1295C/production/_88442167_indiaclass.jpg
Kunci dari pendidikan ialah guru. Ia adalah pahlawan tanpa jasa yang menerangi gelapnya kebodohan. Tanpanya apa daya anda untuk bisa membaca artikel ini, anda tak bisa membaca artikel tanpa seorang guru yang rela bersabar mengajari anda agar bisa membaca. Anda harus tahu pula kunci dari pengetahuan iyalah membaca. Seperti anda tahu kalau guru ialah pahlawan tanpa jasa. Dan apakah anda kenapa ia mendapat julukan tersebut ?

“ Berapakah jumlah guru yang masih hidup ?” Demikian pertanyaan yang ditangyakan kaisar Hirohito sesudah jepang dijatuhi bom  atom di kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 & 9 Agustus 1945. Kisah itu beredar luas . Bisa jadi ini adalah mistos tapi satu hal penting yang harus kita ketahui bahwa pemimpin  “Negri Sakura.” Ia tahu kalau kekuatan dari negri samurai bukan karena alam tetapi karena sumber daya manusianya yang membuat jepang bisa bangkit melawan negara barat. Ia tahu kunci dari manusia berkualitas terletak pada pendidikan yang berkualitas. Dan kunci dari pendidikan sebuah negara adalah guru.

 Anda pasti pernah melihat orang-orang  yang sukses di depan publik, bukankah mereka terlihat begitu hebat saat mereka dapat menunjukkan kemampuan mereka yang luar biasa sehingga mempengaruhi orang-orang banyak. Tapi pernahkan anda berpikir siapakah orang orang hebat dibelakang mereka ? Salah satu orang-orang itu adalah guru yang berhasil mengajarkan mereka nilai-nilai kehidupan. Guru itu bukan hanya guru yang mengajarkan rumus dan teori tapi guru itu ialah guru yang mebuat nilai –nilai kehidupan hidup diantara teori dan rumus-rumus itu. Karena mereka tahu kalau semua teori dan rumus rumus yang ada di dunia ini berasl dari kenyatan kehidupan di dunia ini. Mereka mengajar dengan cara mereka sendiri dan yang menjadi hal penting bagi mereka iyalah bagaimana caranya murid-murid mereka mampu menghadapi  ujian kehidupan didunia ini yang selalu berubah-ubah.

 Kenapa guru menjadi pahlawan tanpa tanda jasa ? karena ia bekerja 24 jam hanya untuk anda. Apabila di sekolah yang mendidik anda dengan pelajaran-pelajaran yang ada di buku. Dan apabila dirumah ia mempersiapkan materi dan tugas-tugas untuk anda di hari esok. Tidakkah anda sadar jika anda tidak paham bukankah ia juga memikirkan cara agar anda bisa memahami materi yang ia berikan. Tidak anda sadar saat ia merasa iba memberikan anda nilai jelek padahal itu berasal kemalasan anda yang tidak mau belajar. Tidakkah anda sadar sering mengeluh kesah akan pelajaran yang sulit dan tugas yang banyak sedangkan ia harus mengoreksi tugas-tugas anda  dan teman-teman anda. Bukankah anda tahu kalau dia juga punya keluarga yang harus ia urus dirumahnya. Lalu nikmat mana lagi yang engkau dustakan ?

 Kawanku terlalu banyak jasa guru sehingga tak akan cukup jutaan penghargaan  untuk menghargai jasa yang tak ternilai. Jadi kawan cobalah hargai ia dengan bersikap yang baik kepadanya. Salam Sejahtera !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Kacamata Bijaksana

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Warna - Warni Kehidupan