Filosofi Goblok Ala Bob Sadino



Sumber : Warta Ekonomi
“Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak, cuma melangkah aja ngapain mikir, kan cuma selangkah.”

Demikian salah satu kutipan dari seorang Bob Sadino yang terkenal kesuksesannya dari konsep “kegoblokannya” dimana ia berhasil membuat terobosan besar lewat sikap gobloknya seperti memplopori menanam sayur tanpa media tanah atau kita sebut sistem hidroponik, ayam petelur yang pada waktu itu masyarakat masih mengandalkan ayam kampung, sistem gerai yang modern dan banyak lainnya.



Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengangkat tema “kegoblokan” yang akan dibahas dari sudut pandang berbeda karena goblok dan genius itu hanya berbeda tipis. Kenapa ? Saat Thomas Alfa Edison berpikir untuk menemukan lampu, orang-orang berpiki itu adalah ide bodoh dan kasus serupa seperti visi Bill Gates yaitu “satu komputer di setiap meja.” dianggap ide bodoh karena betapa  mahalnya pada waktu dan begitu besarnya ukuran satu komputer. Hal tersebut merupakan beberapa contoh dan masih banyak kisah-kisah yang tidak akan selesai untuk diceritakan.

“Orang pintar yang hebat dalam analisis sangat mungkin berpikir negatif tantang sebuah bisnis karena informasi yang berhasil dikumpulkna sangat banyak. Sedangkan orang bodoh tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.”

Di pesan kedua tersebut, penting sekali untuk melakukan tindakan masa bodoh walaupun beresiko. Dimana sikap masa bodoh ini memiliki peran dalam keberanian, apabila dianalis maka lebih hal negati yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tidak percaya ? Coba anda hitung berapa banyak kejadian yang tidak sesuai dengan keinginan anda !!! Jika anda tidak merasa, bersyukurlah karena tindakan masa bodoh  ini berhasil membuat anda bahagia tanpa harus memikirkan sesuatu berlalu-lalu

“Orang pintar berpikir aku pasti bisa mengerjakan semuanya sedangkan orang bodoh mengganggap dirinya punya banyak keterbatasan sehingga harus dibantu orang lain.”


Apabila anda sakit hati selama memba tulisan ini, maka anda punyak penyakit hati yang harus diwaspadai yaitu kesombongan, rasa sombong akan membuat pernyataan di atas seperti sesuatu yang salah atau mengganjal di hati dan membuat pandangan anda tetutup untuk konsep di atas. Anda harus bisa mengambil hikmah dari hal diatas karena hal ini akan membantuk anda untuk menerima wawasan baru yang mungkin manfaatnya lebih dari ini.

Demikian dari penulis, terima kasih dan izinkan kami sampaikan sebuah kutipan untuk menutup artikel ini.

“ Banyak orang tanya, “Bisnis apa yang BAGUS ?” Jawabnya, “Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan yang ditanya terus.”
(Bob Sadino 1933-2015)

Komentar

  1. Salah satu idolaku nih..
    Beliau meninggalkan pelajaran hidup yg berharga:
    1.Lebih baik jadi orang bodoh yg mau belajar.
    2.Pintar tanpa tidakan sama aja ngk usah hidup.

    Makaci

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi Kacamata Bijaksana

Filosofi kertas Kehidupan