7 Cara Jitu Mendapatkan Inspirasi

Gambar : Chose your Chapter

FIlosofi A-Z Bagi seorang seniman, sebuah inpisrasi adalah sesuatu yang sangat penting dalam proses mencipta suatu karya. Jika diibaratkan, inspirasi merupakan sebuah motivasi dasar yang menggerakkan hati dan otak untuk berkarya. Namun, pernahkan anda mengalami jalan buntu untuk mendapatkan sebuah inspirasi ? Namun, pernahkan anda kehilangan ide untuk merangkai kata-kata ataupun menggerakkan pensil untuk menggambar ? Sebagia media berkarya dalam sebuah tulisan, kami juga pernah mengalami hal tersebut. Oleh kerena itu, kami ingin membagikan cara jitu untuk mendapatkan sebuah inpirasi.
1. Siaga sebuah catatan

Pertama, anda harus selalu menyiapkan sebuah catatan dalam bentuk buku catatan atau alat elektronik. Sebab, satu hal penting yang harus anda ketahui adalah inpirasi itu datangnya bisa kapan saja, tanpa kita hendaki dan kebanyakan inspirasi yang telah datang itu hilang karena kita lupa untuk mencatat inspirasi tersebut.


2. Menemukan Passion

Ada sebuah prinsip yang harus anda pegang jika ingin mendapatkan sebuah inspirasi. Prinsip tersebut adalah melakukan hal yang anda sukai karena melakukan hal tidak anda sukai  membuat  anda sulit  untuk mendapatkan sebuah inspirasi bila apa yang anda kerjakan tidak sesuai dengan passion dan hobi anda.

3. Tenangkan Pikiran Anda !!!

Hal ketiga yang bisa anda lakukan ialah menenangkan pikiran anda. Jangan biarkan beban pikiran menutup akses inspirasi untuk datang kepada anda, Anda perlu dalam kondisd pikiran yang jernih karena akan lebih mudah bagi anda untuk mendapatkan inspirasi. Contohnya adalah ketika anda sedang buang air besar di toilet di pagi hari.

4. Menambah Wawasan

Langkah berikutnya adalah mempelajari hal baru, dengan menambah wawasan anda dapat meluaskan cara pandang anda terhadap apa yang ada  disekitar anda. Ada banyak cara untuk menambah wawasan anda. mulai dari membaca buku yang anda sukai, mendengarkan pengalaman orang lain dan banyak kegiatan lainnya. Oleh karena itu, sudah saatnya anda memanfaatkan kemudahan akses internet untuk meluaskan wawasan anda.

5.  Menjelajahi Tempat Baru

Berikutanya, cobalah untuk pergi ke luar seperti pergi membaca di perputakaan, menenangkan diri di alam bebas yang jauh dari orang-orang dan banyak tempat lain yang bisa anda kunjunggi. Jika ingin hasil yang efektif, anda harus pergi ke tempat yang belum pernah anda kunjungi. Terbukti, perjalanan menuju tempat asing bisa menenangkan diri dan menambahkan wawasan akan hal-hal baru yang ditemui.


6. Memulai walaupun Tidak Sempurna

Jangan biarkan ketidaksempuarnaan dari ide anda membuat anda tidak memulai langkah berkarya anda. Anda hanya perlu memulai dari sebuah ide yang belum sempurna dan membiarkan proses menuntun anda untuk menyempurnakan ide tersebut.

7. Kuncinya Adalah Sabar

Kunci terakhir adalah sabar. Jika semua hal yang ada diatas telah anda lakukan tapi tidak ada hasil yang memuaskan, maka langkah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah bersabar karena anda tidak akan tahu kapan inspirasi akan datang. Hal yang terpenting ialah tetap melakukan hal-hal positif dan biarkan waktu yang akan menjawah permasalahan anda.




Komentar

  1. Menjelajahi tempat baru salah satu kunci banyaknya lahir inspirasi, biasanya ke gunung, persawahan, pantai. Selain mengunjungi tempat baru inspirasi juga bisa muncul dengan rokok dan secangkir kopi hitam.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Mencuci Piring