Filosofi Sampah Masyarakat



 Jika kita mendengar sebuah julukan “Sampah Masyarakat”, maka hal terlintas di kepala kita adalah orang-orang yang tidak berkontrubusi positif di masyarakat atau dalam bahasa kasar adalah orang yang tidak berguna dalam hidupnya. Orang-orang yang sering mendapatkan julukan yang cukup hina ini diantaranya adalah gelandangan yang hanya bisa mengemis atau para kriminal yang hanya bisa mencari rezeki dengan merampas.


 Kata sampah diberikan kepada mereka karena sampah itu identik dengan sisa yang tidak berguna serta berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka pendek dan merusak lingkungan dalam jangka waktu panjang. Hal ini juga terjadi pada sampah masyarakat, dimana kehadiran mereka dapat merusak pemandangan dan meresahkan masyarakat dalam jangka waktu dekat. Sedangkan dalam jangka panjang dapat menyebarkan norma-norma buruk kepada masyarakat.

 Namun, hal sangat disayangkan ialah kebanyakan dari masyarkat hanya menghakimi mereka sebagai beban yang membawa pengaruh negatif. Perlu kita ingat, dari sebuah sampah itu berasal ??? Sampah  plastik, limbah rumah tangga dan lainnya berasal dari masyarakat itu sendiri. Orang-orang yang mendapat julukan sampah masyarakat adalah orang-orang diberi label dari masyarakat sendiri, dimana orang-orang itu mengalami kegagalan dalam beradaptasi dengan kehidupan masyarakat yang berubah dengan begitu cepat.

“Lantas apakah julukan sampah masyarakat salah ???”

 Julukan ini tidak sepenuhnya salah, hal ini tergantung bagaimana pandangan kita menaggapinya. Jika belajar dari kehidupan alam liar, sampah itu juga dihasilkan oleh alam contohnya kotoran hewan, sisa letusan gunung berapi dan lain-lainya. Hal yang unik ialah, sampah yang dihasilkan alam membuat ikatan yang saling menguntungkan, contohnya adalah sisa kotoran hewan yang bisa menyuburkan tanah.

 Sebagai makhluk yang istimewa, kita juga punya hal istimewa dengan sampah. Prinsip daur ulang bisa menjadi jalan untuk mengolah sampah masyarakat menjadi orang-orang bisa berkrotrubisi positif kepada masyarakat, apakah ini mungkin terjadi ? Tentu saja ini bisa dilakukan, salah satunya ia rumah swadaya masyarakat. Bahkan ada orang yang dulunya merupakan sampah masyarakat dan berubah menjadi orang penting contohnya Barack Obama.

 “ No one useless in this world who lightens the burden of it to anyone else.”

Charless Dickens

Komentar

  1. As a end result, slot gaming web sites have embraced this development by offering mobile-friendly versions of their web sites. As a end result, they've decreased the need 메리트카지노 to|the necessity to} publish video games on Google and Apple App shops, which can usually have strict requirements. Some updates are needed for the security and stability of your slot recreation. Thus, your slot recreation developers will need to|might need to} address any points that creep up over time. You have to replace your slot recreation often to maintain players interested. Before releasing the slot recreation to the market, you have to ensure it really works} as anticipated.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Mentalitas Sepeda Habibie

Tiga Jenis Filosofi Tanda Tanya