Filosofi Seragam Sekolah Negri



    Bagi kita yang sudah belajar ataupun masih belajar di jenjang pendidikan negri pasti sangat identik dengan warna seragam yang berbeda di setiap jenjangnya. Misal, untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) memakai merah, tingkat menengah pertama ( SMP) memakai biru, dan tingkat atas (SMA) memakai warna abu-abu. Tahukah anda jika perbedaan warna di setiap tingkatatan tersebut ternyata memiliki makna filosofi itu sendiri.

    Warna merah yang digunakan pada tingkat dasar mengambarkan kecerian. Dengan menggunakan warna merah, diharapkan siswa-siswi tingkat dasar belajarh di sekolah dengan ceria serta bersemangat. Selain itu, marna mereh juga mengambarkan rasa cinta tanah air, dari warna tersebut menyimpukan betapa pentingnya menanam rasa nasionalisme yang harus dimulai sedini mungkin.

    Kemudian, tingkat menengah pertama menggunakan warna biru. Warna biru dipilih untuk mengambarkan rasa percaya diri. Siswa-siswi yang telah lulus dari tingkat dasar akan memasuki suasana baru di tingkat pertama. Mereka akan sedikit demi sedikit dituntut untuk percaya diri dan mandiri karena tentu saja sistem belajar mengajar akan berbeda dari saat mereka berada di tingkat dasar.

    Yang terakhir adalah tingkat atas. Tingkat atas atau yang kita kenal SMA memilih warna abu-abu sebagai warna seragam. Warna abu-abu mengambarkan kedewasaan. Sudah bisa ditebak jika siswa-siswi sma harus lebih dewasa bukan hanya dari pemikiran maupun dari perbuatan mereka. Tingkat SMA akan menuntut siswa-siswi untuk lebih dewasa dalam berbagai aspek. Hal ini karena tingkat SMA merupakan tingkat terakhir sebelum memasuki dunia perkuliahan. Setelah lulus dari SMA tentu saja namanya bukan lagi siswa tapi mahasiswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Mentalitas Sepeda Habibie

Tiga Jenis Filosofi Tanda Tanya