Peran Meme dalam Mencerdaskan Bangsa

    

Bagi kita semua yang sering sekali menggunakan akun sosial media terlebih lagi sering mencari hiburan dari dunia maya pasti tidak asing dengan yang namanya Meme. Meme merupakan sebuah media informasi yang menyajikan informasi sederhana lewat gambar-gambar unik. Saat ini, meme sudah menjamur di seluruh dunia dan sudah menjadi hal yang sangat melekat di masyarakat apalagi dari tahun ke tahun makin banyak penikmat meme dan pencipta meme yang tidak pernah habis idenya untuk berkarya.

    Dalam sejarahnya, Kata Meme berasal dari bahasa Greek “minema” yang artinya meniru. Awalnya meme di perkenal oleh seorang ahli Revolusi biologi Richard Dawnkins dalam karyanya yang berjudul The Selfish Gene yang awalnya digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang berbau biologi dan siapa sangka karyanya ini bisa membawa perubahan besar dan bermanfaat bagi banyak orang walaupun fungsi awalnya menyimpang.

    Walaupun beberapa orang menganggap meme itu hanyalah hiburan yang hanya menghabiskan waktu dan membuat kebodohan tapi jika kita lihat dari sudut pandang berbeda maka kita bisa melihat peran tidak langsung meme dalam kehidupan masyarakat.

Menghibur

    Hal yang paling sederhana, fungsi meme sendiri adalah menghibur orang-orang yang melihatnya. Di zaman ini meme sudah banyak berperan dalam menyenangkan orang-orang yang merasa lelah akan dunia yang serba sibuk disini walaupun terkadang membuat kita akan lupa waktu saking seringnya melihat meme.

Wadah Berekspresi

    Sebuah gambar dan beberapa kata dalam sebuah meme sudah mampu untuk bercerita banyak hal dan hal luar biasa dari meme adalah walaupun gambar yang digunakan sering terlihat sama tapi hanya dengan perbedaan keterangan sudah menjelaskan hal yang berbeda. Tentu saja, meme sudah menjadi wadah kreativitas tanpa batas oleh para kreator.

Media Berita

    Tidak semua orang suka membaca berita dan meme sudah berperan penting dalam media informasi. Walaupun media meme hanya memberikan sebuah informasi sekilas tanpa keterangan jelas tapi bisa membantu kita untuk mengerti hal-hal apa saja yang sedang terjadi di dunia ini.

5 Fakta Mengerikkan dari Venezuela

Berdamai dengan masa lalu

    Di zaman sekarang banyak sekali orang-orang yang mengalami trauma akan masa lalu mereka, mulai dari masalah kecil yang membuat harga diri jatuh hingga masalah besar yang membuat trauma pada hidup tapi hal luar biasa dari para kreator meme ialah mereka mengajak kita untuk menerima masa kelam yang pernah terjadi dengan tersenyum mengenang masa-masa konyol di masa lalu.

Apapun yang terjadi di bawa santai aja !!!

    Sekarang ini, sudah sangat tren yang namanya menikmati hidup dan itulah pesan inti dari sebuah meme. Jika kita lihat meme yang beredar di media sosial maka kebanyakan tema yang diambil adalah bagian-bagian kehidupan sehari-hari kita, mulai dari permasalahan kehidupan sehar-hari hingga masalah besarpun bisa menjadi bahan guyonan dan hal luar biasa adalah meme ini beredar dengan banyak sudut pandang orang yang berbeda sehingga setiap orang di dunia ini punya kesempatan yang sama untuk menikmati hidup walaupun memiliki perbedaan latar belakang.

"Hanya ada dua pilihan: menjadi apatis atau mengikuti arus. Tapi, aku memilih untuk jadi manusia merdeka."  Soe Hok Gie

Baca  Juga : Mbah Google Sebagai Alat Propaganda Dunia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi Kacamata Bijaksana

Filosofi kertas Kehidupan