Mencari Tuhan dalam Ekonomi

  

Ada banyak sekali pakar ekonomi yang punya berbagai pendapat tentang definisi ekonomi. Mulai dari Adam Smith, Keynesian, dan banyak sekali tokoh tokoh hebat yang punya defini masing-masing. Walaupun saya hanya orang awam jika bicara soal tapi definisi sendiri yang mungkin bagi orang-orang ini sangat berbeda.

 Definisi saya tentang ekonomi yaitu :

“ Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana sang Mahakaya membagikan rezeki-rezeki Nya kepada hamba-hamba Nya.”

 Entah apa yang membuat saya berpikir demikian tapi saya punya banyak pengalaman yang dimana saya menemukan tanda-tanda kebesaran Tuhan. Salah satunya keyakinan saya tentang teori Adam Smith tentang “ The Invesible Hand”, dimana ada tangan-tangan yang diluar kendala manusia atau seperti sebuah hukum fisika yang mengatur dalam ekonomi.

 Hampir sama dengan Hukum Newton yang digantikkan dengan Hukum Quantum setelah penemuan-penemuan energi tak kasat mata yang menjadi dasar dari alam semesta maka pendapat saya tentang ekonomi juga berlaku demikian karena semakin waktu berjalan maka akan ada tantang baru dan cara-cara baru. Dari hal itu saya yakin ada banyak hal tidak kita mengerti tentang cara kerja tangan ajaib ini yang kelak mungkin akan semakin dimengerti dengan perkembangan peradaban yang semakin maju di hari esoknya.

 Dari hal ini menjadi ambisi saya untuk terus belajar tak pandag usia dan terus menjelajahi dunia tanpa batas ini. Saya punya impia untuk bisa belajara di berbagai dunia ini karena setiap negara itu punya cara tersendiri dalam menyelesaikan setiap masalah ekonomi.

 Mulai dari Amerika Serikat yang merajai ekonomi dunia saat ini, negri tirai bambu yang berhasil membangun negarnya walaupun menganut ideologi komunis, Negara Swiss yang terkenal dengan bank dunia bagi orang-orang kaya, dan tidak lupa bagaimana sejarah dunia mencata bagaimana habatnya ekonomi maritim tentang dongeng-dongeng kejayaan Majapahit dan Sriwijaya.

 Walaupun hari in kondisi ekonomi Indonesia mungkin tidak telalu menyenangkan tapi saya yakin jika kelak kita bisa bangkit berdiri dengan kaki sendiri. Walaupun Pesawata Garuda tidak bisa berjaya di langit khatulistiwa maka suatu hari kelak sayap besia sang garuda bisa berjaya di langit Antariksa yang penuh dengan misteri alam semesta.

  Saya yakin jika saya menantang Tuhan untuk membuat semua dunia berjaya dengan syarat harus cara yang diambil adalah cara yang bisa manusia lakukan dengan seluruh keterbatannya. Saya yakin ada caranya karena tidak ada yang mustahil bagi Nya.

"Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang." Soekarno

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Kacamata Bijaksana