Filosofi Iron Man : Pahlawan yang Dilahirkan karena Privilege

Ilustrasi Ironman Hero Marvel Helmet oleh TariqMk Sumber Gambar : Pixabay


    Ironman adalah sosok pahlawan super yang terkenal dengan baju zirahnya yang super canggih serta kecerdasan manusia yang langka. Dibalik baju baja tersebut ada seseorang yang jenius bernama Tony Stark yang merupakan seorang pengusaha kaya raya dari Stark Industries yang merupakan salah perusahaan pelopor teknologi di mutakhir dalam dunia Marvel Cinematic Universe.

    Sebagai seorang yang mempunyai dua gelar di bidang fisika dan tiga gelar di bidang mesin dan merupakan alumni MIT, Tony Stark adalah sesosok orang jenius yang berasal dari DNA Howard Stark yang menjadi salah satu perintis berdirinya Stark Industries. Dia punya kharisma yang dengan gayanya yang bodoh amat pada pendapat orang lain, sedikit ceroboh, dan seorang fuckboy yang senang untuk berpesta.


Semua itu ia lakukan karena rasa bosannya sebagai CEO dari perusahaannya sendiri. Ia lebih suka menghabiskan waktu di bengkel rumahnya atau lebih tepatnya laboratorium pribadinya bersama mesin-mesin otomotif. Ia hanya ingin hidup lebih santai dengan menghabiskan waktunya sendiri dan menyerahkan kewajiban perusahaannya kepada orang lain.


Hingga suatu ketika, ia harus pergi ke afganistan untuk melakukan mendemonstrasikan misil Jericho yang merupakan senjata baru yang ia miliki. Akan tetapi, ia diserang dan di sandra oleh sekelompok teroris yang membuatnya kehilangan jantung normal dan menggantinya dengan Reaktor Arc. Hal yang lebih mengecewakan adalah ketika Ia harus merasakan bagaimana kejamnya senjata dari perusahaannya buat dan dikhianati orang yang dipercayai selama ini.


Tony Stark tidak hanya sebuah tokoh fiksi saja akan tetapi ia mempresentasikan seseorang yang ada di dunia nyata. Tony Stark memiliki jantung yang tidak normal, hal itu sama dengan Mark Zuckerberg, pendiri Facebook atau Metaverse yang buta warna merah dan hijau. Selain itu, Mark Zuckerberg sejak kecil mendapat les komputer sebagaimana Tony Stark mendapatkan fasilitas dari orang tuanya juga.


Sebelum Ironman lahir, Tony mengalami krisis dalam hidupnya yang penuh dengan keegoisan hingga sebuah krisis dalam hidupnya terjadi dan ia dikhianati oleh karyanya sendiri kemudian muncul baju Mark-I agar bisa selamat dari sandra. Bukankah hal ini hampir sama dengan Steve Job yang merupakan pendiri Apple yang dipecat dari perusahaannya sendiri dan mentransformasi dunia animasi lewat Pixar Studio.


"Following’s Not Really My Style."


Perasaan egois dan mementingkan ambisi diri sendiri merupakan salah satu ciri khas dari Tony Stark yang dimana dari rasa egois ini, Tony Stark berambisi untuk terus melakukan penyempurnaan dari baju Mark dari kesalahan-kesalah serta krisis yang dihadapi. Bersama dengan Jarvis seorang asisten dari kecerdasan buatan. Ia bekerja keras layaknya seorang dari masa depan.

    Jika kita perhatikan, Ada kemiripan dengan kehidupan Elon Musk. Seseorang yang punya dedikasi gila pada pekerjaan dan punya ambisi pribadi untuk pergi ke Mars. Akan tetapi, keegoisannya ini telah membantu jutaan manusia yang ada di seluruh penjuru seperti transaksi online lewat Paypal, inovasi mobil listrik lewat Tesla, dan ada beberapa perusahaan lagi. Semua itu perlu banyak modal dan sumber daya hanya untuk memajukan peradaban manusia sebagaimana Stark Industries dan Ironman yang menyelamatkan umat manusia dari berbagai krisis dunia.

Ironman punya jantung yang cacat seperti ketidak sempurnaan mata Mark Zurkenberk, berusaha melawan racun palladium seperti Steve Job yang berjuang melawan kanker setelah sekian lama, dan punya konflik sosial akibat keegoisannya seperti banyak orang lainnya. Dari hal tersebut kita bisa belajar bahwa setiap orang punya masalahnya sendiri tidak peduli latar belakang dan pentingnya sebuah dedikasi.


    “Big Man in his suit of armor. Take off and what are you?” Captain America


    “Genius, Billionaire, Playboy, Philanthropist.” Tony Stark 

Sumber Inspirasi :

https://www.marvel.com/characters/howard-stark/in-comics

https://marvelcinematicuniverse.fandom.com/wiki/Stark_Industries

https://poskota.co.id/2022/02/04/deddy-corbuzier-sebut-beberapa-tokoh-bisa-sukses-karena-privilege-tidak-mulai-dari-0-

https://www.biography.com/business-figure/mark-zuckerberg#:~:text=Early%20Life,attached%20to%20the%20family's%20home.

https://www.biography.com/business-figure/steve-jobs

https://www.biography.com/business-figure/jeff-bezos

https://www.biography.com/business-figure/elon-musk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi Kacamata Bijaksana

Filosofi kertas Kehidupan