Dasar-dasar dalam Konsep Strategi Pemasaran Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) beserta contohnya.

Ilustrasi oleh Freepik

Saat Anda melihat iklan di sosial media ataupun iklan di jalan raya ada sebuah konsep dasar yang menjadi pertimbangan. Dalam dunia Pemasaran modern ada yang namanya Konsep segmentasi (Segmenting), Penargetan (Targeting), dan Pemosisian (Positioning). Kerangka dasar ini dicetuskan oleh pakar pemasaran bernama Philip Kotler dari Kellogg School of Management di Universitas  Northwestern Amerika Serikat.

Konsep ini digunakan dalam dunia pemasaran modern untuk memudahkan perusahaan untuk mengenal konsumen mereka apakah cocok atau tidak dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Konsep ini juga bisa digunakan secara personal seperti para Konten kreator yang memiliki tema dan pasar yang berbeda. Hal ini sangat membantu mereka untuk mengenalkan produk ataupun membangun nama brand yang di inginkan.

·   Konsep Segmentasi atau Segmenting

Segmenting adalah pengelompokan konsumen atau pelanggan yang di mana mereka memiliki kesamaan secara umum kemudian dibedakan dalam beberapa kategori. Perusahaan menggunakan konsep ini untuk mengetahui dari karakteristik dari calon konsumen mereka sebelum meluncurkan produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Dalam melakukan segmentasi pasar, ada 4 kategori yang dasar untuk membagi segmen pasar yaitu demografi berdasarkan siapa (who), Psikografis berdasarkan kenapa (why), Geografi berdasarkan dimana (where), dan Perilaku berdasarkan bagaimana (how). Dari keempat kategori tersebut kemudian dapat dijabarkan secara terperinci mengikuti presensi yang digunakan.

Segmen Demografi digunakan untuk kategori :

-        Usia

-        Gender

-        Pendapatan

-        Etnis

-        Agama

-        Tingkat Pendidikan

Contoh : Bisnis bimbingan belajar seperti Ruang Guru atau Ganesha Operation memiliki segmen pasar yang beragam berdasarkan tingkat pendidikan yaitu Sekolah dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Segmen Psikografis terdiri dari beberapa kategori :

-        Kepribadian

-        Hobi

-        Tujuan Hidup

-        Gaya Hidup

-        Kepercayaan

-        Nilai

Contoh : Para pelanggan motor vespa cenderung memiliki komunitas yang solid dan tersebar di seluruh dunia di mana mereka cenderung memiliki hobi dan nilai yang sama.

Segmen Geografi meliputi :

-        Negara

-        Daerah

-        Kota

-        Kode Pos

Contoh : Negara Indonesia memiliki peluang pasar yang besar di dunia e-sport

Segmen Kebiasaan yang biasa digunakan Bisnis digital di antaranya :

-        Kebiasaan belanja

-        Kebiasaan membeli

-        Kebiasaan menjelajah

-        Interaksi dengan merek

-        Loyalitas terhadap merek

-        Umpan balik produk sebelumnya

Contoh : Kebiasaan para pengguna dalam menggunakan berbagai sosial media.

·   Konsep Penargetan / Targeting

Setelah melakukan segmentasi pasar dengan analisis dan pengumpulan data, perusahaan melakukan targeting di mana perusahaan memutuskan target konsumen potensial yang relevan dengan produk atau jasa. Targeting akan mempengaruhi strategi serta perencanaan perusahaan sebelum meluncurkan produk atau jasa.

Contoh : Perusahaan mie instan bermerek Indomie menargetkan pasar kelas bawah dengan menyajikan makanan yang memerlukan waktu singkat untuk di sajikan dan harga yang terjangkau.

·   Konsep Positioning

Dikonsep terakhir dalam STP ada yang namanya Positioning dimana hal ini berkaitan bagaimana sebuah perusahaan menempatkan diri mereka. Fungsinya adalah agar perusahaan mampu bersaing secara kompetitif, memberikan pengambilan keputusan yang efektif, dan menanamkan brand pada masyarakat. Ada beberapa tipe dalam positioning di antaranya :

-        Harga

-        Kualitas

-        Diferensiasi

-        Kenyamanan

-        Customer service

-        Grup pengguna

Contoh : Perusahaan raksasa teknologi ternama Apple memosisikan brandnya sebagai produk yang eksklusif dengan ekosistem applenya seperti IPhone, MacBook, dan banyak lagi lainnya. Dimana Apple tidak pernah menawarkan produk dengan harga murah agar tidak kehilangan rasa eksklusif dari brandnya.

·   Kesimpulan :

Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep Segmentation, Targeting, dan Positioning (STP) menjadi sebuah dasar dalam pengambilan keputusan strategi pemasaran modern dimana perlu adanya identifikasi pelanggan lewat segmentation, melakukan pengambilan keputusan perencanaan lewat targeting, dan eksekusi lewat positioning.

Referensi

https://www.yieldify.com/blog/types-of-market-segmentation/

https://www.investopedia.com/terms/m/marketsegmentation.asp

https://parametricpro.com/blog/2021/6/9/the-stp-framework#:~:text=Phillip%20Kotler%2C%20distinguished%20professor%20of,a%20product%20and%20marketing%20plan.

https://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/customer-segmentation-targeting/segmentation-targeting-and-positioning/

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Mentalitas Sepeda Habibie

Tiga Jenis Filosofi Tanda Tanya