Mengenal Frugal Innovation : Inovasi untuk Efisiensi, Fungsional, dan Fleksibilitas

1.    Definisi Frugal Innovation

1.     Frugal innovation merupakan cara berinovasi di tengah keterbatasan, keterbatasan sumber daya termasuk keterbatasan daya beli pasar. Dalam hal ini terdapat keberhasilan yaitu keberhasilan menciptakan barang/jasa baru atau memodifikasi dari yang sudah ada DAN dengan biaya murah (efisien) dan harga murah untuk pasar yang dilayani.

2.     Menurut Prahalad, 2005 frugal innovation tidak hanya memiliki dimensi sosial tetapi juga dimensi bisnis. Pendekatan ini memandang optimisme kemampuan kelompok masyarakat di piramida terbawah. Inovasi frugal akan mendorong perorangan semakin terasah kreativitas, dan kewirausahaan inovatifnya

3.     Frugal innovation umumnya terjadi pada negara berpopulasi besar dengan distribusi pendapatan tidak merata, seperti India dan Tiongkok. Inovasi ini diciptakan untuk melayani kebutuhan masyarakat lapisan bawah dengan menggunakan sumber daya yang ada, desain dan pengembangan produk yang murah sehingga harga produk lebih terjangkau.

2.     Mengapa Frugal Innovation muncul?

·       Menurut Kaplinsky, 2011 sebab munculnya frugal innovation adalah pengurangan kemiskinan, pertumbuhan, dan distribusi di negara pendapatan rendah mungkin dicapai jika produsen memiliki akses terhadap teknologi padat tenaga kerja berskala kecil dan menghasilkan produk yang berbiaya rendah, serta dapat diakses bagi konsumen berpenghasilan rendah.

·       Pemicu lain dari munculnya frugal innovation adalah kesadaran ekologi yang semakin tinggi di abad milenium ini, lantas munculnya prinsip open source, crowd source dalam melakukan inovasi, dan kesadaran penuh untuk mengurangi emisi karbon dan melestarikan sumber daya alam yang langka yang tidak dapat diperbaharui.

·       Selain itu, frugal innovation muncul karena adanya tujuan untuk melayani masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah dengan tetap memanfaatkan sumber daya yang ada namun dengan desain dan pengembangan produk yang tidak memerlukan biayan berlebih sehingga dalam penentuan harga jual dan target pasar akan lebih mudah untuk dijangkau. Hal ini cukup membantu untuk mencukupi kebutuhan pelanggan atau konsumen yang memiliki keterbatasan dalam sebuah sumber daya.

 

3.     Prinsip-Prinsip dalam Frugal Innovation

·       Prinsip frugal innovation secara umum adalah sustainability global yang berarti bahwa frugal innovation ini mengedepankan bagaimana sikap inovasi yang akan dikembangkan dapat mementingkan keseimbangan dan berkelanjutan dalam perkembangan produk secara global yang didalamnya mengacu pada tiga dimensi pembangunan berkelanjutan, yaitu;

·       Environmental protection, yaitu dimensi yang mengedepankan bagaimana kehidupan ke lingkungan senantiasa terjaga kelestariannya dengan pemanfaatan melalui sumber daya alam serta manusia dengan secukupnya.

·       Economic development, merupakan cara atau strategi di mana produk hasil inovasi dapat dikembangkan seiring zaman dan memanfaatkan cara kerja ekonomi (termasuk marketing dan cara berpikir entrepreneurial) untuk terus memperluas pangsa pasar sebuah produk hasil inovasi.

·       Social equity, yang merupakan bentuk sebuah keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menggunakan dan mengonsumsi sebuah produk tanpa terkendala hal-hal terutama pada harga.

 

4.      Contoh-contoh dari Frugal Innovation :

·       Berikut adalah contoh-contoh dari frugal innovation;

A.      Alat medis yang dapat dibawa di dalam ransel. Contoh ini merupakan contoh kegiatan penciptaan inovasi frugal untuk menghasilkan sebuah peralatan teknologi yang kuat dan dapat digunakan pada luar ruangan.

B.      Pemurnian air yang menggunakan produk limbah pertanian diresapi dengan nano-partikel perak sehingga tidak memerlukan tenaga listrik atau air yang mengalir. Hal ini menjadi contoh adanya kegiatan penciptaan inovasi frugal untuk menghasilkan sebuah peralatan yang dapat dimiliki oleh siapa saja terjangkau bagi semua kalangan.

C.      Dinamo sepeda bertenaga awalnya digunakan untuk mengisi lampu depan yang dimodifikasi untuk mengisi baterai ponsel. Di sini terdapat kegiatan menciptakan teknologi yang diadopsi dari produk yang sudah ada dengan mengimplementasikan inovasi frugal.

D.      Adanya manekin yang merupakan kegiatan menciptakan teknologi yang dirancang dan diproduksi melalui material dan peralatan lokal dengan memanfaatkan inovasi frugal.

E.       Tenaga surya ATM dan ponsel; turbin angin untuk masyarakat tanpa jaringan listrik, yaitu kegiatan penciptaan inovasi frugal untuk menghasilkan teknologi yang diperoleh dari sumber daya terbarukan.

 

5.    Skema dari Frugal Innovation

·       Berikut adalah gambaran skema dari frugal innovation:




Di tulis oleh :
     1. Azis Faisal Abda`U (200411624047)
     2. Frida Vania Alfizahr (200721639726)
     3. Ilham Helmi Arif         (200413623402)
     4. Thoriq Al-Faqih Hendra (200411624089)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Mencuci Piring