Pengembangan Ide Alternatif Self Service Canteen Manajemen Inovasi

 A. IDE PRODUK INOVATIF ALTERNATIF 

1. Kios

    Kios adalah sebuah toko yang memiliki ukuran minimalis dan terletak di tempat strategis yang banyak dilewati oleh orang-orang. Istilah Secara Etimologi Kios yang berasal dari bahasa Belanda; kiosk yang diambil dari bahasa Prancis, kiosque konon dari bahasa Arab, adalah nama alternatif untuk sebuah toko kecil atau warung kelontong.

2. Cloud Kitchen 

    Cloud kitchen adalah sebuah sistem yang diciptakan untuk bisnis Food and Beverage (F&B) di mana dapur bisnis F&B yang dijalani tidak mesti dibangun bentuk fisiknya, melainkan disewakan kepada para pelaku bisnis. Bisnis F&B dengan sistem cloud kitchen hanya berfokus pada pesanan makanan online dan tidak melayani pesanan dine-in. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis F&B dengan sistem cloud kitchen memiliki pengantaran produk yang lebih cepat dibandingkan dengan restoran biasa.

3. Food Truck

    Food truck merupakan sebuah jenis usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang semua kegiatan operasionalnya meliputi penyiapan atau memasak, penyajian, dan penjualannya dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar. Konsep unik yang diusung oleh food truck merupakan sebuah hal positif yang akan membawa pengalaman kuliner baru bagi masyarakat perkotaan terutama bagi penerapannya dalam lingkungan sekolah atau universitas. 

B. DAMPAK PRODUK SEBAGAI SOLUSI

1. Kios

    Kios bisa menjadi sebuah alternatif dengan modal yang lebih terjangkau, cara kerja yang mudah untuk diterapkan, dan jenis produk yang lebih banyak untuk ditawarkan. Adanya kios dapat membuka lapangan pekerjaan baru tetapi secara jangka panjang akan membebankan biaya operasional yang lebih mahal karena harus membayar pekerja setiap bulan ditambah biaya perawatan dari peralatan dan perlengkapan yang diperlukan. 

2. Cloud Kitchen 

    Cloud kitchen hadir sebagai solusi yang ditempatkan pada lingkungan kampus sekitar Gedung Kuliah Bersama di Universitas Negeri Malang sebagai pengganti alternatif dari produk Mr Canteen. Produk alternatif berupa Cloud kitchen ada karena kelebihan berupa hemat modal, fasilitas dapur yang komplit, kualitas bahan baku dan kebersihan terjamin. Hal ini jika dikaitkan dengan lingkungan GKB maka akan cukup efektif karena terdapat celah ruang yang dapat dibangun sebuah cloud kitchen untuk menyelesaikan permasalahan tidak adanya kantin di GKB Universitas Negeri Malang. 

3. Food Truck 

    Food Truck menjadi salah satu produk alternatif pengganti untuk Mr. Canteen guna menyelesaikan permasalahan tidak adanya kantin di Gedung Kuliah Bersama (GKB) Universitas Negeri Malang. Solusi yang ditimbulkan dengan adanya produk alternatif food truck adalah food truck ini dapat menghemat tempat karena ukuran yang cukup kecil jika dibandingkan dengan kios atau cloud kitchen. Kemudian food truck ini juga tidak membutuhkan bangunan atau tempat (ruangan) baru, karena food truck bersifat dinamis yang dapat berpindah tempat khususnya di wilayah outdoor, terutama di sekeliling Gedung Kuliah Bersama (GKB) Universitas Negeri Malang. 

C. PENGGUNA DAN SUBJEK PENERAPAN

1. Kios

 

Gambar 1. Contoh Desain Kios

Gambar 1. Contoh Desain Kios 

    Kios mempunyai fleksibilitas dalam produk yang ditawarkan. Kios dapat menjual makanan atau minuman dalam kemasan serta menjual makanan hangat. Lokasi gedung teater A18 menjadi lokasi ideal untuk mendiri kios sebab lokasi tersebut menjadi tempat berkumpul untuk aktivitas mahasiswa dan terletak di pusat Gedung Kuliah Bersama yaitu gedung A19, A20, dan A21. Selain itu, Kios juga bisa memberikan pendapatan pasif dari sewa tempat serta biaya penggunaan listrik, air, dan pengolahan sampah.

2. Cloud Kitchen 

 


Gambar 2. Contoh Desain Cloud Kitchen 

    Cloud Kitchen dalam hal pengguna dan subjek penerapan dapat dikatakan bahwa seluruh mahasiswa, tenaga pendidik, dan staf dapat menggunakan cloud kitchen tersebut. Bahkan, adanya cloud kitchen ini dapat menambah satu kegiatan baru bagi mahasiswa atau staf untuk menjadi pegawai atau pengurus harian dari cloud kitchen tersebut. Atau dapat juga diambil melalui mahasiswa jurusan tata boga atau UKM mahasiswa memasak agar dapat menjadi pengurusnya. Namun, secara garis besar, seluruh masyarakat Universitas Negeri Malang dapat menjadi pengguna ataupun pengurusnya. 

3. Food Truck 

 


Gambar 3. Contoh Desain Food Truck

    Food truck dalam penggunaannya dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Universitas Negeri Malang, tidak hanya penghuni Gedung Kuliah Bersama saja. Untuk pemilik atau owner food truck sendiri dapat dikategorikan ke dalam dua pilihan, yaitu food truck yang didatangkan oleh Universitas Negeri Malang atau food truck yang didatangkan dari pedagang di luar area kampus. Dalam hal ini, maka dapat juga ditambahkan biaya sewa tempat untuk pedagang atau pemilik food truck selain masyarakat Universitas Negeri Malang. 

Ditulis oleh :

AZIS FAISAL ABDA`U (200411624047)

FRIDA VANIA ALFIZAHR (200721639726)

ILHAM HELMI ARIF (200413623402)

THORIQ AL-FAQIH HENDRA (200411624089)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Mencuci Piring