Mengupas Rahasia Marketing dari Playstation Sony hingga Menjadi Permainan Konsol No 1 Dunia


 Profil singkat

Playstation adalah sebuah konsol permainan yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi jepang yaitu Sony Computer Entertainment  dan liris di Jepang tanggal 28  Desember tahun 1994. Playstation sendiri baru viral ketika memperkenalkan Playstation generasi kedua atau biasa disingkat dengan PS 2 pada  tanggal 4 Maret tahun 2000 di Asia dan kemudian luncur di amerika utara  pada tanggal 26 Oktober di tahun yang sama. PS 2 berhasil mengubah industri game dunia dengan menggunakan teknologi yang memadukan warna, musik, dan grafik yang muktahir pada masanya serta berhasil menyajikan game fenomenal seperti Grand Theft Auto like Vice City, Metal Gear Solid 2, dan Devil May Cry . PS 2 berhasil mendapatkan penjualan sebesar 3 juta unit di tahun pertama peluncurannya. Saat ini, Playstation memasuki generasi ke 5 yang liris pada tahun 2020 dengan total market share dunia sebanyak 88,9% persen per november 2022 mengalahkan Xbox 11,26% dan Nintendo 0,5%.

Segmenting, Targeting, dan Positioning.

            Segmentasi geografi Playstation menarget para penggemar game yang berasal dari benua Amerika Utara, Eropa dan Asia khususnya negara Jepang dan Cina. Sebagai penyedia layanan permainan konsol Playstation memiliki segmen pasar yang luas dimana mereka mempunyai untuk pria dan wanita yang khusus berada antara usia 17 hingga 40 tahun terutama pada generasi milenial yang telah melek akan teknologi serta generasi Z yang hidup dengan fasilitas teknologi yang lebih memadai.

            Dalam Targetingnya Playstation menerapkan aturan label pada game yang didistribusikan seperti permainan First Person Shooter dengan label M yang artinya untuk usia 17 tahun ke atas, permainan kasual yang ramah keluarga dengan label E, dan Label T yang dikhususkan untuk golongan anak remaja.

            Saat ini Playstationpun telah memperbarui positioning mereka yang awalnya hanya penyedia alat permainan konsol kini menjadi layanan distribusi game di beberapa konsol lainnya seperti pasar laptop dan gawai pintar sehingga memberikan flesibilitas para penggemarnya dalam memainkan game yang mereka sukai dimana saja lewat konsol apapun.


Strategi Differentiation

            Lewat visinya yaitu “To develop world-class games” Playstation dikembangkan untuk semua untuk membuat sebuah game dapat dijalakan senatural mungkin dengan harga yang terjangkau terutama pada game hardcore yang memiliki spefikasi yang tinggi dapat dijalankan dengan mulus tanpa mengganggu pengalaman pemainnya.

            Playstation 5 di buat dengan harga yang terjangkau dimana harga dari PS 5 adalah sekitar 499$ berbeda jauh dengan pesaing utamanya yaitu Xbox Series X yang dibandrol dengan harga 599$. Secara performa PS 5 mampu memberikan performa resolusi sebesar 4K/120fps gameplay (8K/60Hz support) selisih jauh dengan pesainnya Xbox Series X sebesar  4K/60fps gameplay (4K/120Hz support). Bagi pengguna PS 5 juga memiliki hak istimewa untuk memainkan game yang secara khusus hanya bisa dimainkan di Playstation 5 seperti Ratchet & Clank: Rift Apart, Returnal, dan Demon's Souls.

            Sebagai pemimpin pangsa pasar Playstation tidak berpuas diri. Mereka menjadi yang terdepan dalam mengembangkan teknologi 3D audio experience yang mampu membuat pemainnya mendengarkan suara secara nyata seperti dunianya. Playstation juga memanjakan pemain lamanya dengan menyediakan fitur untuk menyimpan permainan yang sudah di beli dari game konsol generasi sebelumnya yaitu Plastation 4 dan Playstaion 3 sehingga para pemain tidak perlu membayar lagi untuk game yang sudah dibeli ketika pindah ke PS 5.

Strategi Marketing Mix 4p

            (Produk) Playstation 5 sudah menjadi produk unik sebab PS 5 sudah telah hadir tidak hanya menjalakan game performa berat di hari ini tetapi dirancang untuk menjalan game performa lebih berat yang akan rilis untuk beberapa tahun ke depan.  (Price) Produk yang terjangkau dan layanan digital Playstation now yaitu layanan berlanganan untuk para pengguna PS 5 untuk memaikan game baru hingga game ternama tanpa harus membeli game tersebut sehingga membuat para pemainnya sendiri tidak akan bisa menghabiskan waktunya untuk memaikan semua game yang ada di layanan tersebut.

            (Promosi) Sebagai produk teknologi tentu saja Playstation harus dekat dengan penggemar setianya dengan cara modern seperti sosial media. Di instagram @playstation telah memiliki 29,1 juta pengikut, di tiktok @playstation memiliki 2,2 juta pengikut, dan akun youtube mereka telah meiliki 14,6 juta pengikut. (Place) Playstation juga mengadakan beberapa acara internasional seperti PlayStation Partner Awards kepada game fenomenal di dunia dan turnamen Internasional atau regional yaitu Playstation Tournament. Acara tersebut  juga dilaksanakan di Indonesia setiap akhir tahunnya.

Strategi Selling

            Dalam strategi penjualannya Playstation dibuat menjadi sebuah misteri dimana para penggemar tidak akan kasih tahu harga aslinya dan kapan tanggal peluncurannya. Para penggemarnya dibuat penasaran dan hanya harus sabar untuk setiap kejutan Playstation hadirkan. PS 5 sendiri luncur pada tanggal 12 November 2020 yang sebagian besar industri besar lesuh karena ekonomi yang stagnan karena Covid-19. Playstation justru mendapatkan spotlight yang hadir menghibur orang-orang yang jenuh tetap terisolasi dari dunia luar sehingga PS 5 berhasil terjual sebanyak 15 juta unit di tahun pertama perilisannya.

Kesimpulan :

            Dari perjalanan lebih dari 20 tahun Playstation di industri game. Playstation telah secara konsisten untuk terus berinovasi dengan mengembangkan teknologi terbaru serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Playstation tetap setia memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan lamanya sekaligus tetap terjangkau untuk mendatangkan pelanggan barunya.

Daftar Refrensi :

https://www.marketing91.com/marketing-mix-of-sony-playstation/

https://www.mbaskool.com/marketing-mix/products/17063-playstation.html

https://www.techradar.com/news/ps5-vs-xbox-series-x-which-next-gen-console-should-you-buy

https://www.businessinsider.com/guides/tech/ps5-vs-xbox-series-x#:~:text=Xbox%20beats%20PlayStation%20when%20it,own%20with%20the%20latest%20console.

https://www.essay48.com/13749-Playstation-Porters-Generic-Strategies

https://www.sony.com/en/SonyInfo/IR/library/corporatereport/

https://www.consolecreatures.com/how-the-playstation-2-changed-the-world-of-gaming-20-years-on/

https://www.pocket-lint.com/games/news/playstation/131907-years-of-playstation-the-consoles-and-accessories-that-changed-gaming-forever

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari Tuhan dalam Ekonomi

Filosofi kertas Kehidupan

Filosofi Mencuci Piring